Sabtu, 06 Oktober 2012

skripsiku: DISTRIBUSI KIMA (Tridacna spp) DI PERAIRAN PANTAI DESA MAPUR BAGIAN BARAT KECAMATAN BINTAN PESISIR KABUPATEN BINTAN PROVINSI KEPULAUAN RIAU


DISTRIBUSI KIMA (Tridacna spp) DI PERAIRAN PANTAI DESA MAPUR BAGIAN BARAT KECAMATAN BINTAN PESISIR KABUPATEN BINTAN PROVINSI KEPULAUAN RIAU

SKRIPSI
DALAM BIDANG ILMU KELAUTAN

Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau


OLEH
P O N A L

NIM : 0704121052






FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN
UNIVERSITAS RIAU
PEKANBARU

2011


RINGKASAN

PONAL (0704121052) Distribusi Kima (Tridacna spp) di Perairan Pantai Desa Mapur Bagian Barat Kecamatan Bintan Pesisir Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau (Di bawah Bimbingan Bapak Dr. Ir. Syafruddin Nasution, M.Sc dan Dr. Zulkifli, S.Pi, M.Si)

Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2011 di perairan Pantai Desa Mapur Bagian Barat Kecamatan Bintan Pesisir Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau. Penelitian bertujuan untuk mengetahui jenis, sebaran dan kelimpahan kima. Hasil dari penelitian diharapkan dapat memberikan informasi mengenai jenis, penyebaran dan kelimpahan kima sehingga dapat dimanfaatkan sebagai data dasar dalam melakukan penelitian-penelitian selanjutnya. Metode yang digunakan adalah metode survey, dimana sampel diambil dari tiga stasiun dengan penempatannya berdasarkan intensitas aktivitas masyarakat.
Di perairan pantai Desa Mapur dijumpai 4 jenis kima yaitu Tridacna squamosa, T. derasa, T. maxima dan T.crocea. Kelimpahan kima berkisar antara 0,54 - 1,56 ind/m2, dimana kelimpahan tertinggi terdapat pada stasiun II yang merupakan stasiun yang jauh dari aktivitas masyarakat dan kelimpahan terendah terdapat pada stasiun I yang merupakan stasiun yang dekat dengan aktivitas masyarakat. Pola sebaran kima adalah sebesar 0,51 (Id < 1), nilai ini menunjukkan bahwa pola sebaran kima di lokasi penelitian bersifat merata.

ABSTRACT
        The research of Giant Clams distribution was conducted in April 2011 in western coast waters of Mapur Village of Bintan Regency of Kepulauan Riau Province. The research was aimed to study the species composition, distribution and abundance of giant clams by ditermining  3 stations. The study use survey method by applying transect and plot quadrant at each station. The station was decided based on the intensity of local community.
   The study found 4 species of giant clams, i. e. Tridacna crocea, T. maxima, T. derasa dan T. squamosa. The highest abudance species of giant clams in observation area was Tridacna crocea and the lowest was T. squamosa. The abundance of giant clams was  0.54 – 1.56 individu/m2, with evenly distributed. The highest abundance was found in area that far away from human activity and the lowest one was found in area nearby human activity.
Keywords: Mapur Village, Bintan, Abundace, Giant Clams


ABSTRAK

Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2011 di Desa Mapur Bagian Barat Kecamatan Bintan Pesisir Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau. Penelitian bertujuan untuk mengetahui jenis, sebaran dan kelimpahan kima. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan transek dan petakan kuadrat untuk pengambilan data. Lokasi penelitian terdiri dari 3 stasiun dengan penempatan dilakukan berdasarkan intensitas masyarakat.
Kima yang dijumpai di lokasi penelitian adalah Tridacna crocea, T. maxima, T. derasa dan T. squamosa. Jenis kima yang terbanyak dijumpai adalah Tridacna crocea dan yang sedikit dijumpai adalah T. squamosa. Kelimpahan kima berkisar antara 0,54 – 1,56 ind/m2 dengan pola sebaran bersifat merata. Kelimpahan terbesar terdapat pada lokasi yang jauh dari aktifitas masyarakat dan kelimpahan terkecil terdapat pada lokasi yang dekat dengan aktivitas masyarakat.

Kata Kunci: Desa Mapur, Bintan, Kelimpahan, Kima.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar